kursus desain
Uncategorized

Apa Saja Yang Dipelajari Ketika Mengikuti Kursus Desain Grafis? 

Zaman di mana generasi milenial sekarang melihat kursus desain grafis bukan sebagai hal yang menakjubkan lagi bagi mereka, tentunya karena kebutuhan akan para desain grafis di tahun ini sangat meningkat. 

Para perusahaan seringkali mencari kandidat desainer grafis dari lulusan kursus desain. Wajar saja sih, karena pelatihan tersebut akan membuat murid-muridnya menjadi pribadi yang siap bekerja sebagai desainer yang handal. 

Sebelum kita mengupas materi apa saja yang akan diberikan oleh kursus desain kepada para muridnya. Lebih baik, kita sedikit mengulas pengertian tentang desain grafis. 

kursus desain
kursus desain

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis secara sederhana bisa diartikan sebagai suatu skill atau kreatifitas untuk membuat suatu konten visual sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan tertentu. 

Pesan tersebut bisa berupa iklan, peringatan atau  himbauan. Contohnya adalah ketika Anda menonton video iklan di media sosial, nah video tersebut merupakan suatu contoh hasil dari desain grafis.

Materi Yang Diberikan Oleh Kursus Desain Grafis

  • Environmental Design

Environmental design adalah suatu jenis desain grafis yang bertugas untuk menggabungkan antara interior, arsitektur dan lansekap di bagian industri. Jika Anda pernah berkunjung ke suatu tempat dan menemukan desain 3 dimensi, maka 3 dimensi tersebut merupakan hasil dari Environmental Design

Materi ini dibagi menjadi 2 jobdesk, yaitu draftsman dan associate designer

Perbedaan dari keduanya adalah, associate designer bekerja sebagai desainer grafis entry level, sedangkan draftsman bekerja sebagai desainer yang bertugas menggabungkan hasil desain berupa ilustrator ke arsitek. 

  • Publication Design

Publication Design atau desain publik merupakan suatu desain grafis yang hasilnya berupa koran dan majalah  tetapi bukan bagian iklannya. 

Saat ini, desain publik tidak hanya menghasilkan visual untuk media cetak saja tetapi bisa berbentuk softcopy untuk majalah online atau surat kabar yang bisa diakses secara online.

Publication Design memiliki tiga jenis jobdesk yaitu 

  • Art layout: tugasnya membuat ilustrator dalam bentuk soft copy
  • Art production: mencetak hasil desain dari art layout
  • Art DTB: bertugas untuk mempublikasikan hasil desain tersebut dalam bentuk media cetak atau digital.

  • Advertising Design

Advertising design atau desain iklan merupakan suatu desain grafis dalam sektor  periklanan, entah itu iklan dalam bentuk media visual dan cetak. 

Sampai saat in desain iklan menjadi suatu bagian dari design grafis yang paling sering dibutuhkan karena hasil dari desain iklan paling banyak digunakan.

Bukan cuma  iklan pada produk fisik saja, desain iklan juga melayani pesanan desain dari layanan jasa yang sedang membutuhkan desain grafis sebagai media untuk mempromosikan (iklan) jasa yang disediakan. 

Desain iklan ini pun dibutuhkan para ilustrator dalam menciptakan  suatu ide cerita dalam menjelaskan tujuan iklan. 

  • Web Design

Web design atau sering disebut sebagai desain web merupakan suatu bagian dari desain grafis yang diterapkan pada sebuah website. 

Di mana seorang web designer memiliki tugas untuk menciptakan tampilan website yang mempunyai nilai estetika yang bagus. 

Hal yang harus diperhatikan adalah pemilihan background yang tepat, penyusunan letak gambar serta ukuran gambar pada satu halaman, sehingga trafik yang berkunjung ke website tersebut merasa nyaman. 

Menjadi seorang web designer merupakan salah satu pekerjaan yang sangat digemari saat ini. Karena mengelola satu laman website saja sudah bisa jadi salah satu sumber penghasilan bagi banyak orang.

Seorang web designer bisa bekerja untuk perusahaan. Semakin kreatif seorang web designer maka kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin lebar. 

  • Packaging Design

Packaging design atau akrab disebut sebagai desain kemasan merupakan salah satu pekerjaan desain grafis yang sudah muncul sejak dulu. 

Konsumen akan tertarik untuk membeli suatu produk karena salah satu alasannya yaitu produk tersebut memiliki desain kemasan yang sangat unik. Tentunya keunikan desain berasal dari pilihan warna dan gambar yang pas. 

Packaging design sangat dibutuhkan di Indonesia, karena mengingat bahwa sekarang Indonesia sedang mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. 

Nah, ternyata mengikuti kursus desain akan memberikan keuntungan yang sangat berlipat. Semakin cepat Anda daftar di pelatihan desain, maka Anda akan semakin mendekati peluang positif di dunia kerja. 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *