Kapan Waktu Terbaik untuk Toilet Training?
kesehatan

Tips dan Trik Si Kecil Lulus Toilet Training Cepat

Lora Jensen dalam bukunya yang berjudul “3 Day Potty Training” bahwasanya ia percaya, balita sudah mulai siap belajar ke toilet sendiri di pagi dan malam hari ketika telah berumur 22 bulan. Sesuai dengan judulnya, tips dan trik toilet training anak yang akan berhasil dalam waktu hanya 3 hari. 

Nah Moms, berikut merupakan langkah unik namun efektif dari Lora Jensen:

  • Singkirkan sejumlah pengalih perhatian

Bagi penulis buku tersebut, sangat dibutuhkan niat dan effort yang tinggi selama 3 hari penuh agar misi 3 hari toilet training berhasil. Baik dari Moms ataupun dari Si Kecil. 

Selesaikan urusan-urusan pekerjaan rumah tangga lain seperti memasak, mencuci pakaian, berbelanja, membersihkan rumah sebelum memulai toilet training Moms. Hal ini dikarenakan agar Moms fokus pada Si Kecil. Jika sudah fokus di awal kemungkinan akan berhasil kedepannya.

  • Singkirkan semua popoknya.

Moms, sekarang sudah waktunya untuk yakin dan menyingkirkan rasa lelah akan mencuci sprei ataupun membersihkan rumah. Dikarenakan anak sudah mulai tidak menggunakan popok atau pampers, otomatis Moms akan bekerja ekstra 2 kali lipat karena hal ini. 

Jika tidak ada lagi popok (apalagi saat Si Kecil tidur), otomatis Si Kecil akan merasakan risih sehingga harus pergi ke toilet. Si Kecil akan merasakan membutuhkan hal tersebut untuk menjaga dirinya agar tetap bersih dan kering.

 

Kapan Waktu Terbaik untuk Toilet Training?

“latihan saat pagi dan malam hari sangat bermanfaat supaya Si Kecil tidak bingung. Anda juga berhasil menghilangkan perasaan mereka untuk menggunakan popok kembali.” ujar Jensen dalam bukunya. 

 

  • Ingatkan Si Kecil jika ia merasa ingin buang air.

 

Moms perlu sering-sering mengingatkan apakah Si Kecil merasakan ingin buang air atau tidak. Bukan hanya bertanya ya Moms. 

 

“Jangan ditanya, tapi Anda harus mengingatkan mereka bahwa sewaktu-waktu untuk ke toilet. Jika Si Kecil merasa sedang dalam proses belajar, mereka tidak akan menentangnya. Hal ini juga termasuk dalam mebangunkan Si Kecil saat tengah malam hanya untuk buang air. Oleh karena itu, coba set alarm.” Ujar Jensen dalam bukunya.

 

Satu hal yang penting dalam tips ini ialah untuk melatih anak agar mampu mengenali tanda-tanda yang ditimbulkan oleh tubuhnya saat buang air. Nah Moms, apakah sudah siap melatih Si Kecil? 

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *