gerakan tutup mulut pada bayi
kesehatan

Cara Atasi Gerakan Tutup Mulut Pada Bayi

Bunda tentu pernah mengalami masalah si kecil melakukan gerakan tutup mulut. Gerakan tutup mulut pada bayi seringkali dialami ketika anak memasuki tahap pemberian MPASI. Kondisi tersebut memang menjadi salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi dan bisa menyulitkan bunda. Karena gerakan tutup mulut atau GTM bisa mempengaruhi proses pemberian MPASI untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Dimana MPASI penting sekali untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan si kecil di tahap perkembangannya.

Ketika si kecil memasuki usia 6 bulan dimana mereka mulai dikenalkan dengan berbagai tekstur makanan, tentu proses pemberian MPASI berperan penting. Kondisi GTM yang terjadi pada anak usia 6 bulan yang baru saja memasuki tahapan MPASI tentu cenderung lebih mengkhawatirkan.

gerakan tutup mulut pada bayi
gerakan tutup mulut pada bayi

Anak yang mengalami GTM dan tidak ditangani dengan segera, maka hal tersebut bisa berlanjut hingga anak menginjak balita bahkan hingga memasuki usia sekolah. Si kecil bisa mengalami penurunan status gizi, kualitas kesehatan, dan kualitas dalam proses tumbuh kembangnya. Si kecil bisa mengalami kurus, kurang gizi, rentan sakit, stunted, bahkan menurunkan kemampuan kognitifnya.

Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi gerakan tutup mulut pada bayi seperti mengatur waktu makan si kecil secara tepat. Bunda sebaiknya tidak memberikan ASI atau susu mendekati waktu makan si kecil seperti pagi, siang, dan sore. Bunda juga bisa menciptakan lingkungan yang kondusif ketika si kecil makan. Hindari untuk memberikan si kecil MPASI atau makanan di tempat yang bising atau terlalu ramai. Bunda juga perlu untuk menyiapkan makanan yang menarik untuk si kecil dengan cermat dan tetap mempertimbangkan kandungan gizinya. Bunda bisa menyajikan menu MPASI dengan beragam tekstur sesuai usianya.

Cara mengatasi gerakan tutup mulut pada bayi yang tidak kalah penting adalah bersabar. Bunda harus tetap bersabar dalam memberikan makan khususnya MPASI untuk si kecil. Memiliki kesabaran juga termasuk salah satu cara untuk mengatasi masalah GTM yang dialami si kecil. Untuk mendukung proses pemberian MPASI bagi si kecil, bunda bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui bubur MPASI CERELAC.

Selain memberikan Bubur Sereal CERELAC sebagai MPASI untuk si kecil, Bunda juga bisa memberikan camilan yang bernutrisi seperti CERELAC Nutripuffs. Camilan sehat yang dibuat dari bahan alam pilihan, dengan proses yang dipanggang bukan digoreng. CERELAC Nutripuffs mudah meleleh di mulut, mudah dipegang, dan mengandung Vitamin serta Mineral. Lengkapi kebutuhan gizi si kecil dengan camilan sehat CERELAC Nutripuffs.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *