nutrisi anak
kesehatan

Ini Makanan Mengandung Jenis Nutrisi Anak Bagi Daya Ingat

Pola makan anak berperan penting dalam peningkatan kemampuan otak. Oleh karenanya orangtua harus memperhatikan pola makan yang benar agar otak mendapat nutrisi yang tepat. Anak sangat membutuhkan karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral sebagai nutrisi penguat otak. Nutrisi tersebut berguna untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan daya konsentrasi. Jenis nutrisi anak tersebut dapat dijumpai pada sejumlah makanan berikut ini.

Makanan yang Mengandung Jenis Nutrisi Anak Bagi Perkembangan Otak

Masa bayi hingga kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk merangsang perkembangan otak mereka. Pada masa ini orangtua harus memenuhi kebutuhan gizinya semaksimal mungkin agar anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Orangtua harus memberikan asupan makanan yang bisa merangsang perkembangan dan meningkatkan kecerdasan otak. Deretan makanan berikut dapat dipilih sebagai asupan nutrisi bagi anak.

nutrisi anak
nutrisi anak

Telur

Telur adalah sumber protein hewani yang paling mudah didapatkan di sekitar rumah. Kuning telur mengandung protein tinggi dan kolin yang berguna untuk perkembangan otak. Kolin membantu meningkatkan fungsi daya ingat dengan cara meningkatkan produksi sel memori sehingga anak tidak mudah lupa. Mengonsumsi sebutir telur setiap hari akan memberikan energi pada anak sehingga mereka tidak mudah lelah.

Susu

Susu dan produk turunannya seperti keju dan yoghurt mengandung jenis nutrisi anak  protein, kalsium vitamin A, B, D, serta kalium. Zat gizi ini sangat penting untuk membangun sel-sel otak, berperan dalam pertumbuhan jaringan otak, dan pembentukan enzim. Fungsi yang tak kalah penting adalah sebagai neurotransmitter, yaitu sebagai penyampai pesan antara sel saraf yang satu ke sel saraf lain dan mengatur kerja berbagai sistem tubuh.

Kacang-kacangan

Daripada memberikan si kecil biskuit yang terbuat dari tepung, berikanlah dia kacang-kacangan. Panganan ini kaya vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari radikal bebas. Kandungan thiamin di dalam kacang dapat mengubah glukosa menjadi energi sehingga dapat digunakan oleh tubuh. Beberapa kacang seperti kacang merah mengandung asam lemak omega 3 yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak.

Selain makanan yang mengandung jenis nutrisi anak yang disebutkan di atas, jangan lupa untuk mencukupi asupan makanan anak dengan karbohidrat. Berikan makanan sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, dan oatmeal. Karbohidrat kompleks mengandung glukosa dan vitamin yang berguna memelihara sistem syaraf dan melindungi sel-sel otak.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *