tumbuh kembang
kesehatan

Tahap Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Tahap pertumbuhan anak umumnya terbagi menjadi dua. Pertama adalah tahap pertumbuhan, yaitu perubahan fisik yang dapat diukur dan dilihat. Kedua adalah perkembangan dimana tahap tumbuh kembang berupa pertambahan struktur dan fungsi tubuh yang lebih detail dan kompleks. Perkembangan anak pada masa ini sering kali disebut periode emas.

Pada usia 1-5 tahun tanpa disadari banyak peningkatan pesat pada perkembangan dan pertumbuhan anak. Untuk mengoptimalkan tahap kembang anak, orang tua harus bisa memberikan stimulasi atau rangsangan. Berikut adalah beberapa rangsangan yang diberikan agar dapat mengoptimalkan tahap perkembangannya;

tumbuh kembang
tumbuh kembang

1. Memberikan Mainan Sesuai Usianya

Untuk mengoptimalkan tahap tumbuh kembang anak bisa lewat mainan yang diberikan. Untuk anak yang masih bayi, berikan mainan yang berwarna mencolok dan tidak terlalu padat agar tidak membahayakan, sebab usia ini anak masih suka menggigit.

Masuk usia lebih besar, mainan pun bisa berubah. Berikan mainan yang dapat mengasah ketrampilannya. Mainan pada usia ini biasanya lebih beragam dan beraneka jenis. Rangsangan melalui mainan dikatakan sangat efektif untuk perkembangan motorik dan sensoriknya.

2. Ajak Bermain di Luar

Untuk melatih kepekaan anak, stimulus yang dapat digunakan adalah dengan mengajaknya bermain di luar rumah. Bermain di luar akan membuatnya bebas untuk berekspresi dan bermain sesuka hatinya. Di luar rumah sebagai orang tua, bisa mengenalkan banyak hal yang sebelumnya tidak diketahui anak. Bermain di luar rumah pun lebih bermanfaat dan dapat meningkatkan perkembangan fisik anak dibandingkan harus selalu di dalam rumah.

3. Ajak Untuk Bersosialisasi

Cara lain yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengoptimalkan perkembangan anak adalah dengan mengajaknya bersosialisasi. Bertemu dengan banyak orang akan melatih sikap percaya dirinya dalam bertemu dengan banyak orang. Bergaul dengan lingkungan yang lebih luas akan menambah lingkar pertemanan anak yang otomatis akan melatih motorik, sensorik dan kepekaannya.

Tidak sulit bukan untuk memberikan rangsangan agar tumbuh kembang anak dapat berjalan optimal. Sebagai orang tua, memang diharuskan untuk tidak lelah dalam memberikan rangsangan selama tahap perkembangan dan pertumbuhan agar anak bisa tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri, mandiri dan sukses.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *