cara mendidik anak
kesehatan

Lima Gaya Mendidik paling Efektif di sekolah

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi setiap jenis pengajaran di atas untuk mempertanyakan seberapa efektif mereka dalam melibatkan siswa dalam proses pembelajaran.

Gaya Otoritas

Gaya otoritas terutama digunakan dalam lingkungan perkuliahan atau auditorium, di mana guru akan memberikan diskusi satu arah yang panjang tentang topik yang telah ditentukan sebelumnya sementara siswa membuat catatan dan menghafal informasi penting.

Meskipun populer di pendidikan tinggi ketika ada sekelompok besar siswa yang hadir, otoritas atau gaya ceramah kurang umum dalam pengaturan kelas standar. Ini karena strategi menawarkan sedikit atau tidak ada partisipasi siswa, sehingga tidak mungkin untuk memenuhi kebutuhan setiap siswa.

cara mendidik anak
cara mendidik anak

Gaya Delegator

Untuk mata pelajaran yang memerlukan kerja kelompok, umpan balik rekan atau pembelajaran berbasis laboratorium, gaya bimbingan delegator atau kelompok sering diadopsi. Sebagai seorang delegator, guru dapat mengambil peran sebagai pengamat untuk mempromosikan kolaborasi dan mendorong pembelajaran peer-to-peer.

Meskipun menjadi semakin populer, beberapa kritikus menganggap gaya delegasi atau kelompok menjadi strategi pengajaran yang buruk karena menghilangkan posisi guru dari otoritas.

Gaya Fasilitator

Guru yang mengadopsi gaya fasilitator atau berbasis aktivitas mendorong pembelajaran mandiri di kelas melalui peningkatan pembelajaran teman sebaya. Berbeda dengan gaya ceramah, guru meminta siswa untuk bertanya daripada hanya diberikan jawaban kepada mereka. Dalam gaya ini, aktivitas digunakan untuk mempromosikan penemuan diri dan mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, yang seringkali dapat mengarahkan siswa untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang topik tersebut.

Namun, ada kelemahan dari teknik ini: sebagai fasilitator, guru harus secara aktif berinteraksi dengan masing-masing siswa, yang mungkin sulit dilakukan dalam pengaturan kelas yang besar, sehingga desain tata letak ruangan harus sangat dalam.

Gaya Demonstran

Seperti gaya mengajar ceramah atau otoritas, demonstran mempertahankan otoritas di dalam kelas. Namun, alih-alih hanya mengandalkan ceramah verbal, gaya demonstran memadukan ceramah dengan bentuk pengajaran lainnya, termasuk presentasi multimedia, demonstrasi dan kegiatan kelas.

Gaya ini sangat cocok untuk mata pelajaran musik, seni dan pendidikan jasmani, di mana demonstrasi diperlukan untuk memahami suatu topik sepenuhnya. Namun, di bidang studi lain, gaya demonstran mungkin tidak cocok. Seperti gaya otoritas, ada sedikit interaksi langsung antara guru dengan murid, sehingga sulit untuk mengakomodasi kebutuhan semua siswa.

Gaya Hibrid

Beberapa guru mengadopsi gaya mengajar terintegrasi yang menggabungkan kepribadian, preferensi dan minat mereka ke dalam pengajaran mereka. Strategi ini dikenal sebagai gaya hibrida, dan populer dalam mata pelajaran seperti Bahasa Inggris, Sains, dan Studi Keagamaan. Guru yang menggunakan gaya hybrid dapat menyesuaikan pengajaran mereka untuk murid yang berbeda, menggabungkan pengetahuan ekstra-kurikuler untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih dalam tentang topik tertentu. Namun, beberapa kritikus mengklaim bahwa gaya hybrid dapat melemahkan proses pembelajaran, karena guru berusaha menjadi segalanya bagi semua siswa.

Seberapa Efektif Lima Gaya Mengajar Ini? Mengetahui cara melibatkan siswa dalam proses pembelajaran di berbagai topik penting dalam mengembangkan gaya mengajar yang efektif di kelas. Untuk memastikan siswa menerima pembelajaran yang sesuai untuk mereka, penting bagi guru untuk bereksperimen dengan gaya yang berbeda, dan menantang diri mereka sendiri untuk menemukan strategi yang akan menjangkau setiap siswa mereka.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *