perhiasan berlian asli
Uncategorized

Tips Membedakan Perhiasan Berlian Asli dan Yang Palsu

Kemajuan zaman berkembang dengan pesat. Tentu hal tersebut mempunyai dampak positif maupun negatifnya. Salah satu dampak negatifnya adalah semakin mudahnya membuat barang imitasi termasuk perhiasan berlian. Supaya tetap aman saat akan membeli perhiasan berlian asli, maka anda harus tahu betul mana berlian yang asli dan mana berlian yang palsu. 

Selain memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan kemudahannya untuk digunakan sebagai alat investasi, berlian juga mempunyai daya tarik yang cukup kuat bagi beberapa orang. Daya tarik seseorang yang kuat terhadap berlian membuat beberapa oknum nakal mencoba memproduksi berlian palsu dan menjualnya ke pasaran seakan – akan berlian tersebut asli.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kami sajikan kepada anda dalam memilih perhiasan berlian asli

perhiasan berlian asli
perhiasan berlian asli
  1. Perhatikan Warnanya 

Kebanyakan orang berfikir bahwa berlian hanya tersedia dalam warna bening saja. Padahal, berlian juga mempunyai warna lainnya seperti pink, kuning dan biru yang termasuk ke dalam berlian langka. Jadi ketika anda mendapati sebuah perhiasan berlian berwarna selain putih bening dan dijual dengan harga yang sama atau tidak lebih mahal bahkan lebih murah, bisa dipastikan berlian tersebut palsu. 

  1. Perhatikan Tingkat Kekerasanya 

Berlian yang asli mempunyai sifat yang sangat keras karena termasuk ke dalam jenis permata paling keras di dunia. Berdasarkan sifatnya tersebut, maka akan sangat mustahil sebuah berlian bisa retak atau terbelah. Jika ternyata anda memiliki sebuah berlian yang retak atau bahkan terbelah saat terjatuh, maka bisa dipastikan berlian tersebut palsu. 

  1. Cek Sertifikat 

Perhiasan berlian asli selalu memiliki sertifikat, maka dari itu, sebelum membeli sebuah berlian, pastikan bahwa anda juga diberi sertifikat oleh penjualnya. Pada sertifikat yang diberikan biasanya akan tercantum spesifikasi dan kualitas yang dimiliki oleh berlian. Sertifikat yang biasanya sering digunakan untuk membuktikan bahwa perhiasan berlian tersebut asli adalah sertifikat GIA. 

GIA adalah sebuah lembaga laboratorium independen yang bisa membuktikan bahwa suatu perhiasan tersebut asli atau tidak. Jika memiliki sertifikat tersebut, maka bisa dipastikan perhiasan tersebut asli

  1. Tenggelam jika dimasukan ke dalam air 

Berlian memiliki massa berat yang tinggi, sehingga akan selalu tenggelam jika dimasukkan ke dalam air. Jika kedapatan perhiasan berlian anda mengambang saat dimasukan ke dalam air, maka bisa dipastikan perhiasan tersebut palsu. 

  1. Tes Menggunakan Koran 

Sebelum melakukan pengujian ini, maka disarankan anda sedang berada di ruangan yang cukup cahaya. Lalu, letakkan berlian di atas koran. Berlian memiliki struktur yang mampu menghalangi cahaya untuk masuk ke dalam belian atau pun tembus hingga ke belakang. Jadi, ketika anda meletakan berlian tersebut di atas koran, lalu dilihat dari atas berlian, tulisan yang terdapat di koran tidak akan bisa lagi dilihat dan dibaca. Namun, jika kamu masih bisa membacanya, kemungkinan itu palsu. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah sebuah perhiasan berlian asli atau palsu. 

  1. Menggunakan Embun 

Selanjutnya anda bisa menggunakan embun dalam mengecek apakah cincin berlian yang anda miliki benar – benar asli atau palsu. Anda tidak perlu mencari embun di pagi hari, cukup hembuskan saja nafas ke arah menuju ke arah berlian. Jika embun yang menempel bisa hilang dengan seketika, maka kemungkinan cincin itu asli. Namun, jika setelah hembuskan nafas dan bekasnya tidak hilang – hilang, bisa dipastikan bahwa itu berlian palsu.  

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *